International Joint Seminar IAIN Jember dan Fatoni University Thailand

Jumat, 20 Mar 2020, 16:13:56 WIB - 345 View
Share
International Joint Seminar IAIN Jember dan Fatoni University Thailand

Program Doktor Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Jember  selenggarakan International Joint Seminar di Fatoni University Thailand. Dengan tema “ Islamic Education Management In The Ir 4.0 era : prospect and challenges. Seminar Internasional ini dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Februari 2020 di ruang aula lantai 2.  Seminar dengan skala International tersebut dihadiri oleh peserta 31 peserta, dan didampingi oleh Direktur Pascasarjana IAIN Jember Prof. Dr. H.Abd. Halim Soebahar,M.A. Wakil Direktur Dr. H. Aminullah Elhady,   ketua Program Studi MPI Pascasarjana IAIN Jember yaitu Prof. Dr. H. Moh. Khusnuridlo.

 Adapun narasumber seminar sebanyak 11 dari IAIN Jember. Dibuka Oleh Assoc. Prof. Dr. Muhammad Zakee Cheha Dean, Graduate School, Fatoni University FTU Thailand. Narasumber yang pertama Agus Salim Salabi mempresentasikan dengan menggunakan Bahasa Arab  dalam paparanya “ budaya banjaran dalam pesantren mampu membentuk karakter santri yang mempunyai nilai-nilai mandiri, kreatif, memiliki kepekaan dalam komunikasi dan kewirausahaan, tangguh, kerja keras, pro-sosial, kesederhanaan, kepedulian, kekeluargaan, gotong royong, dan toleransi, semangat kebangsaan, kepemimpinan, demokrasi, religius, kreatif, gemar membaca, dan rasa ingin tahu, dan jujur.

Narasumber yang kedua  Hermanto Halil  Mahasiswa program Doktoral IAIN Jember. Dalam paparannya mengatakan “Kepemimpinan adalah kunci dari keberhasilan sebuah lembaga, untuk itu  sangat perlu menerapkan kepemimpinan model transformasional, karena kepemimpinan ini sangat memeperhatikan kepedulian dan pengembangan para anggotanya, dia mengubah anggota – anggota dengan membantu mereka untuk melihat hal – hal yang lama dengan cara pandang yang baru. Sehingga mampu membawa lembaganya kearah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan, serta mampu menghadapi tantangan zaman  di masa depan dalam menghadapi kehidupan global yang lebih baik”. Pimpinan dalam sebuah pesantren itu ibaratkan seorang nahkoda dalam mengarungi lautan untuk mencapai dermaga yang dituju dengan selamat, ditengah lautan tersebut seorang nahkoda brbantalkan ombak dan berselimutkan angin serta bermusikan petir. Seorang nahkoda harus bertangung jawab atas keselamatan awak kapal, sehingga bersandar ke dermaga impian itu dengan selamat dalam artian memimpin pesantren itu sangat berat tantangannya dalam menghadapi tantangan zaman. Butuh kelihaian butuh keuletan dan keikhlasan dalam mengabdi untuk memperjuangkan pesantren sehingga apa yang menjadi visi misi para pendiri pesantren itu tercapai dengan baik.

Selain seminar kami juga mengunjungi Prince Of Songkhla University pesantren Salahiyah school, masjid jami’, kunjungan ke Konsulat RI, pantai Samila Putri duyung dan tak kalah seru nya lagi Resto Buffet seafood.


IAIN JEMBER Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

pasca@iain-jember.ac.id

© 2021 PASCASARJANA IAIN JEMBER Follow IAIN JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube | Maintenance by UPT - TIPD